RSS

Pelatihan Hyperchem

Teknologi komputer telah mempengaruhi perkembangan ilmu pengetahuan, begitu juga pada bidang kimia baik untuk multimedia pendidikan maupun penelitian. Hyperchem merupakan salah satu software kimia yang baik untuk pemodelan molekul, fleksibel, dan berkualitas. Dengan menggunakan visualisasi dan animasi tiga dimensi hasil perhitungan kimia kuantum, mekanika dan dinamika molekuler, menjadikan HyperChem terasa sangat mudah digunakan dibandingkan software lainnya dan terasa lebih aplikatif khususnya untuk multimedia pembelajaran dan untuk penelitian.

Untuk itu Triple C (Computational Chemistry Club) selaku organisasi di bawah naungan laboratorium kimia bermaksud mengadakan pelatihan untuk mahasiswa jurusan kimia dengan visi “hyperchem untuk multimedia dan penelitian”.

Bagi yang mau mendaftar dapat segera menghubungi contact person yang ada di pamflet. Mengingat pelatihan ini dilakukan secara rutinitas 8 kali pertemuan dan dilakukan setiap minggu jadi diprioritaskan untuk mahasiswa jurusan kimia FMIPA UNNES.

Advertisements
 
6 Comments

Posted by on March 4, 2008 in CurHaT, KompuTeR

 

aKtif-nya LaB kimia KomPutasi

Alhamdulillah…setelah sekian lama vakum (hampir satu semester) sekarang labaratorium kimia komputasi jurusan kimia FMIPA UNNES telah aktif kembali, hari senin tanggal 11 februari 2008 tepat pukul 11.00 telah resmi digunakan kembali untuk kuliah, tentunya mata kuliah kimia komputasi dengan materi yang diajarkan borland delphi untuk aplikasi kimia. Memang kuliah ini hanya ada disemester genap aja untuk anak kimia semester 4.

Tugas berat tentunya untuk anak-2 triple C (computational chemistry club) selain harus menjalankan tugas asistensi tiap ada kuliah, juga harus nyiapin komputer-2 biar siap pake waktu kuliah. Selain itu ngasih kuliah jam tambahan kalau sore buat anak-2 yang belum mudeng atau mau ngerjain tugas kalau dirumah / dikost ga ada komputer. Read the rest of this entry »

 
5 Comments

Posted by on February 13, 2008 in ChemiST, CurHaT, KompuTeR

 

ReMindeR foR uS

Yang berbahaya dilingkungan kita;

1. BEKAS BOTOL AQUA

Mungkin sebagian dari kita mempunyai kebiasaan memakai dan memakai ulang botol plastik (Aqua, VIT , etc) dan menaruhnya di mobil atau di kantor. Kebiasaan ini tidak baik, karena bahan plastic botol (disebut juga sebagai polyethylene terephthalate or PET) yang dipakai di botol2 ini mengandung zat2 karsinogen (atau DEHA). Botol ini aman untuk dipakai 1-2 kali saja, jika anda ingin memakainya lebih lama, tidak boleh lebih dari seminggu, dan harus ditaruh ditempat yang jauh dari matahari. Kebiasaan mencuci ulang dapat membuat lapisan plastik rusak dan zat karsinogen itu bisa masuk ke air yang kita minum. Lebih baik membeli botol air yang memang untuk dipakai ber-ulang2, jangan memakai botol plastik

2 . PENGGEMAR SATE

Kalau Anda makan sate, jangan lupa makan timun setelahnya. Karena ketika kita makan sate sebetulnya ikut juga karbon dari hasil pembakaran arang yang dapat menyebabkan kanker. Untuk itu kita punya obatnya yaitu timun yang disarankan untuk dimakan setelah makan sate. Karena sate mempunyai zat Karsinogen (penyebab kanker) tetapi timun ternyata punya anti Karsinogen. Jadi jangan lupa makan timun setelah makan sate. Read the rest of this entry »

 
3 Comments

Posted by on January 9, 2008 in ChemiST

 

Kimia KomPutaSi seBaGai TA

“Semester 7 akhir”

masa dimana aku seorang mahasiswa memikirkan atau bahkan sudah menentukan tema/judul apa yang akan dijadikan sebagai tugas akhir.

Begitu juga aku!!dalam hal ini aku sudah memantapkan diri untuk mengambil tugas akhir bidang kimia komputasi menggunakan software hyperchem….kelebihan software ini yaitu dapat mendukung hasil eksperimen yang telah dilakukan di laboratorium sehingga keduanya dapat saling melengkapi.

Tapi sayangnya dari semua mahasiswa angkatan 2004 hanya aku yang mengambil kimia komputasi walaupun masih ada 2 orang dari angkatan 2003 (bang M2m sama mb nanik). Tapi suatu saat mungkin akan lebih banyak lagi yang terpaksa berminat untuk menjadikan kimia komputasi sebagai tugas akhir.

TETEP SEMANGAT !!!

 
7 Comments

Posted by on December 26, 2007 in ChemiST, CurHaT, KompuTeR

 

MaNciNg di Be’ ‘eS Be’

Banyak orang punya hobi mancing, katanya mancing tu suatu kenikmatan truz melatih kesabaran juga tapi yang buat aku heran kenapa aku ga’ bisa merasakan nikmatnya mancing?apa karena aku ga’ hobi atau karena memang aku tipe orang yang ga’ sabar suka menunggu?

Baru kemaren aku merasakan nikmatnya mancing, bukan mancing ikannya yang aku maksud tapi suasananya yang asri!!aku dkk. mancing di danau daerah BSB (Bukit Semarang Baru) dalam suasana gerimis dikelilingi hutan karet (baru tau kalo ada danau di daerah semarang) he_2x…kuper ya dah 3 tahun blum tau seluk beluknya semarang!!

Kenikmatan sesungguhnya aku dapat ketika mo pulang, yah jalan di danau yang masih tanah truz kena guyuran hujan..tau sendiri kan?bagaikan dalam medan roadrace aku dkk berjuang untuk bisa kembali ke daratan.

Mungkin cocok kale ya kalo ikutan roadrace :-p

 
3 Comments

Posted by on December 26, 2007 in CurHaT

 

Selamat hari Ibu

Pagi ini di warnet aku ditanya sama pak direktur “ta taukah kamu ini hari apa”?

bingung ak kok tiba-2 ditanya hari apa truz aku berpikir ini kan hari sabtu tanggal 22 desember, kebetulan hari ini adeku ultah!!truz pa hubungannya beliau tanya??ya truz aku gelengkan aja kepalaku tanda kalau aku ga’ bisa jawab!!kemudian dengan senyumannya beliau berkata lagi padaku “ini hari ibu, apakah yang sudah kau berikan pada ibumu?”

Jelas saja langsung tersentuh hatiku, kemudian akupun berpikir hmm…apa ya yang sudah aku berikan pada ibu??mungkin ga’ ada apa-2nya bila dibandingkan apa yang sudah ibu berikan kepadaku, bahkan sampai kapanpun apa yang sudah ibu berikan kepadaku ga’ akan bisa ku tandingin dari mulai ada dalam rahimnya. sampai aku besar seperti ini dan mandiri.

Seperti seseorang berkata :
“Seorang ibu bisa memelihara dan merawat 10 orang anak, tapi 10 orang anak, belum tentu bisa merawat dan memelihara seorang ibu”. Sampai-sampai Nabi Muhammad SAW menempatkan ibu sebagai orang pertama yang harus kita hormati, mengulangnya di urutan kedua dan keitga, baru setelah itu ayah. Tapi memang hal ini sudah sepantasnya kita lakukan, bagaimana ibu selalu ada buat kita bagaimana kasih sayang ibu pada kita.

Selamat hari Ibu

aKu sayang IBU…..!!!!!!


 
1 Comment

Posted by on December 22, 2007 in CurHaT

 

Tuntutan Karir

Hari senin tanggal 17 Desember 2007 bertempat di mipaconnect diadakan rapat rutin bahas masalah LPJ mico 2007, ya sebagai OP baru masih agak-2 bingung sih!!

nah ditengah-2 rapat dibahas pelatihan membuat weblog….glooodak!!cuma aku nih yang belum punya weblog, udah punya sih tapi ga pernah ke urus lagian juga lupa passwordnya…ya udah dengan berat hati aku aktifkan lagi buat weblog baru lagi.

yah malu donk masa OP lain punya weblog aku ga punya?!!??/

Semoga dengan weblog baru ini jadi tambah semangat buat menghidupkan weblog dan mengembangkannya!AYO SEMANGAT!!!

 
4 Comments

Posted by on December 18, 2007 in CurHaT